Dosen FEB Unpad, Dr. Asep Mulyana: Banjir Akan Lumpuhkan Kegiatan Ekonomi

BANDUNG, fixindonesia.com- Banjir yang melanda beberapa daerah di Indonesia akibat hujan deras yang terjadi sejak beberapa hari terakhir. Menurut Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Padjadjaran, Dr. Asep Mulyana dapat melumpuhkan kegiatan ekonomi. Selain membuat tidak nyaman, menurutnya dengan lumpuhnya infrastruktur seperti jalan , Airport dan juga listrik, maka semua kegiatan ekonomi akan menjadi lumpuh. Bahkan jika terjadi dalam waktu lama akan mengakibatkan kegiatan ekonomi menjadi mati.

“Secara ekonomi banjir merupakan musibah yang dapat membuat kegiatan ekonomi menjadi lumpuh, karena dengan meluapnya air membuat tidak nyaman kita berkegiatan. Bahkan banjir dapat mengakibatkan korban baik materil berupa kehilangan barang berharga seperti surat-surat yang terendam, barang keperluan rumah tangga, kendaraan, rumah bahkan nyawa,” jelas Dr. Asep saat diwawancarai melalui WhatsAPP pada Kamis, (2/1/2020).

Baca juga:  Satu Unit Mobil Terperosok di Dekat Teras Cikapundung

Baca juga : 5 Cara Amankan Listrik Saat Banjir

Dosen yang merupakan 100 besar akademisi terbaik dunia berdasarkan penilaian Global Forum for Education & Learning (GFEL) itu mengatakan, selain kelumpuhan ekonomi yang diakibatkan banjir, namun ada juga kegiatan ekonomi yang akan tumbuh. Seperti penyediaan alat-alat dan makanan darurat, serta kegiatan sosial.

“Namun demikian ada kegiatan ekonomi yang juga tumbuh, seperti penyediaan alat-alat darurat, makanan darurat dan juga kegiatan sosial. Saat banjir orang mulai berempati untuk memberikan sebagian rejekinya untuk membantu saudara yang terkena musibah banjir,” jelasnya.

TAG
Beri Tanggapan

You must be logged in to post a comment.

Baca juga