Indonesia Beli Alat Periksa Covid-19 dari Swiss

Sumber: bumn.go.id/

FIXINDONESIA.COM – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap impor alat periksa (test kit) Covid-19 dari Swiss. Lantaran angka positif Corona di Indonesia terus meningkat, kesiapan negara dengan penanganan medis dan fasilitas pemeriksaan terus diupayakan.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan, terdapat dua jenis test kit yang dibeli dari Swiss. Pertama, adalah untuk pemeriksaan melalui air liur. Kedua, melalui darah.

“Alat test ada dua macam, ada yang air liur yaitu dari tenggorokan atau hidung ada juga yang darah. Kita prioritaskan yang air liur karena akan dipergunakan untuk rumah sakit. Kalau yang darah, katanya, bisa dipergunakan untuk siapapun. Standarnya juga berbeda-beda. Kalau yang air liur ini memang harus standar kita pastikan, karena adanya di rumah sakit,” jelas Erick Thohir dalam video-konferensi pers, Jumat (20/3).

Baca juga:  Seluruh Tenaga Kerja Asing di Kota Bandung Dinyatakan Negatif Corona

Namun dalam konferensi tersebut, Erick tak menjelaskan rincian produk serta apa merk dan siapa produsennya. Ia menjelaskan, hal itu tak perlu dipublikasi demi menghindari kontroversi di tengah ramai isu pandemi ini.

Yang pasti, pemerintah senantiasa mengupayakan yang terbaik demi pemenuhan kebutuhan alat medis. Dengan begitu, segala langkah belanja oleh BUMN adalah dengan bantuan pertimbangan sektor kesehatan.

“pada hari ini banyak sekali penawaran untuk beli test kit. Kita juga menjaga, kualitasnya kita jaga. Bukan dari negara mana dan merknya apa, nanti malah kontraversi sendiri. Sudah dalam proses, artinya tidak hanya didampingi kementerian, tapi juga tim dokter,” pungkasnya.

TAG
Beri Tanggapan

You must be logged in to post a comment.

Baca juga