Langkah Pemerintah Atasi Imbas Wabah Corona pada Sektor Ekonomi

Sumber: jabarprov.go.id/

FIXINDONESIA.COM – Mengatasi imbas wabah Corona pada ekonomi, pemerintah menyiapkan kebijakan dan bantuan sosial untuk memberikan stimulus dan insentif bagi masyarakat. Di antaranya, melalui peningkatan nominal Kartu Sembako.

“Para penerima manfaat Kartu Sembako akan mendapat tambahan sebesar Rp50.000. Jadi, program Kartu Sembako menjadi Rp200.000 per keluarga penerima yang diberikan selama enam bulan,” terang Presiden RI Joko Widodo melalui akun Instagram resminya @jokowi, Kamis (26/3).

Sebelumnya, Kementerian Sosial menyatakan, tengah merencanakan eskalasi sumbangan sembako perbulan bagi masyarakat miskin. Sebelumnya, seperti terakhir pada Januari  – Februari bantuan sembako sebanyak 150 ribu rupiah perkeluarga (berdasarkan Kartu Keluarga). Namun di tengah pandemi Corona, sumbangan sembako tersebut ditingkatkan menjadi 200 ribu rupiah perbulan untuk masing-masing keluarga.

Baca juga:  KTT G20: Sembuh dari Covid-19, Sembuh dari Keterpurukan Ekonomi

“Kalau untuk yang kruang mampu dan yang miskin kami sudah melaksanakan kegiatan bantuan sosial, (mereka) mendapatkan bantuan sembako dari yang semula Januari – Februari 150 ribu rupiah per-KK perbulan, ditingkatkan angkanya menjadi 200 ribu rupiah dari Maret sampai Agustus,” jelas Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama dalam video-konferensi pers dari akun Youtube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (24/3).

Selanjutnya dalam keteranga Instagram Jokowi, pemerintah turut memperhatikan risiko masyarakat kehilangan pekerjaan akibat wabah Covid-19. Pasalnya, banyak hidup masyarakat bergantung pada penghasilan harian, seperti pengusaha mikro yang terpangkas pemasukannya akibat pembatasan aktivitas pasar.

Hal itu pula yang menjadi salah satu pertimbangan pemerintah sehingga belum menerapkan kebijakan lockdown.

TAG
Beri Tanggapan

You must be logged in to post a comment.

Baca juga