Pihak Kepolisian Himbau Masyarakat Waspada Kriminalitas

 

 

 

Ipda Sholihin mewakili pihak Polsek Jatinangor memberikan himbauan kepada masyarakat untuk terus mewaspadai tindak kriminalitas yang terjadi di Jatinangor, Selasa, (20/11). (Foto: Ilham Zhafran)

 

FIXINDONESIA, Sumedang – Pihak Kepolisian menghimbau para mahasiswa untuk mewaspadai aksi kriminalitas yang marak terjadi di Jatinangor. Hal itu disampaikan Ipda Solihin selaku Panit Binmas Polsek Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (20/11). Menurut Ipda Solihin, jenis tindak kriminalitas yang paling mencolok adalah penipuan dan pencurian kendaraan bermotor

“Setelah saya analisa, para mahasiswa ini kebanyakan pulang dari Kampus langsung tidur, tanpa memperhatikan motornya, keesokan paginya motornya sudah tidak ada,” ujar Solihin. “Oleh larena itu, saya mengajak rekan – rekan mahasiswa untuk tetap berhati – hati dengan memasang kunci rahasia. Hal itu diharapkan mampu membantu menekan angka pencurian motor di Jatinangor.”

Lebih lanjut, Ipda Solihin juga mengeluhkan hukum pidana bagi para pencuri yang tidak kunjung menimbulkan efek jera. “Kebanyakan dari mereka menjadikan pencurian motor sebagai profesi utama untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehingga banyak dari mereka yang setelah ditangkap dan masuk penjara, lalu saat keluar mereka melancarkan aksinya kembali.”

Baca juga:  Subsidi Gas Elpiji 3 Kg Dicabut, Dialihkan Dalam Bentuk Bantuan Uang Langsung

Kemudian, Ipda Solihin juga mengungkapkan bahwa tindak penipuan juga merupakan pekerjaan rumah yang harus diatasi pihak kepolisian. “Di Jatinangor penduduknya terdiri dari banyak sekali suku, sehingga menyebabkan penipuan baik melalui telekomunikasi maupun komunikasi langsung.”

Pihak Kepolisian sudah melakukan patroli – patroli untuk meredam tindak kriminalitas di Jatinangor. Namun, Ipda Solihin mengungkapkan bahwa kekurangan personel adalah salah satu penghambat dalam mengatasi tindak kriminalitas. “Tindak kriminalitas di Jatinangor ini paling banyak di Hegarmanah, Desa Sayang dan Cikeruh. Kami sudah melakukan patroli – patroli ke daerah tersebut. Tapi kurangnya personel adalah salah satu masalah kami.”

“Oleh sebab itu, kami menghimbau sekaligus mengajak para mahasiswa untuk terus berhati – hati,” tandasnya. (ham)

TAG
Beri Tanggapan

You must be logged in to post a comment.

Baca juga