9 Universitas Terbaik Indonesia Versi QS World University Ranking 2020

FIXINDONESIA.COM– Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking pada Kamis, (27/2/2020) merilis peringkat universitas di Indonesia. Terdapat 9 universitas terbaik di Indonesia yang masuk dalam daftar peringkat perguruan tinggi terbaik versi (QS) World University Ranking. QS Word University Ranking 2020 melakukan penilaian yang mencakup 10 indikator.

Terdapat 10 indikator yang menjadi acuan penilaian universitas terbaik di Asia. Penilaian itu meliputi reputasi akademik dan lulusan, jaringan penelitian internasional, pertukaran pelajar, makalah per fakultas, mahasiswa asing, fakultas internasional, staf pengajar dengan PhD, kutipan, dan publikasi ilmiah.

QS World University Ranking ini juga merupakan acuan resmi pemerintah untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi Indonesia di tingkat internasional. Perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking adalah Universitas Indonesia (UI) yang berada di peringkat ke 296 di dunia.

Berikut 9 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS World University Ranking 2020:

1. Universitas Indonesia

Foto: Kampus UI Depok (dok UI)

Universitas Indonesia (UI) yang berada di peringkat ke 1 di Indonesia dengan total skor 34,7. Peringkat UI tak berubah dari tahun lalu.

2. Universitas Gadjah Mada

Foto: Rektorat UGM (dok UGM)

Di tempat kedua bertengger Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan skor 33,2.

3. Institut Teknologi Bandung

Foto: Kampus ITB Bandung (dok ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) di tempat ketiga universitas terbaik di Indonesia dengan skor 32,3.

4. Institut Pertanian Bogor

Foto: Rektorat IPB (dok IPB)

Di posisi keempat ada Institut Pertanian Bogor. IPB University adalah sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor.

Sebelum diresmikan pada tahun 1963, IPB adalah sebuah fakultas pertanian pada Universitas Indonesia. Pada tanggal 1 September 1963.Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno, melakukan peletakkan batu pertama pembangunan kampus sekaligus menandai peresmian Institut Pertanian Bogor sebagai sebuah perguruan tinggi mandiri.

5. Universitas Airlangga

Foto: Rektorat Unair (dok Unair)

Di posisi kelima ada Universitas Airlangga. Unair dalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Gubeng, Surabaya, Surabaya, Jawa Timur.

Universitas ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. Berdasarkan data 30 September 2015, terdapat 38.047 mahasiswa yang terdaftar di Unair.

6. Universitas Padjadjaran

Foto: Rektorat Unpad (dok Unpad)

Universitas Padjadjaran berada diposisi keenam setelah Universitas Airlangga. Unpad memiliki 17 Fakultas.

Sejak 20 Oktober 2014, status universitas berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dari sebelumnya berstatus Badan Layanan Umum (BLU). Peresmian itu ditandai dengan peraturan pemerintah (PP) yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapan itu didasarkan atas evaluasi kinerja yang dilakukan tim independen yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) tertanggal 16 Januari 2014, Unpad mendapat peringkat A (sangat baik).

Baca juga:  UN Batal, Nadiem Makarim Realokasikan Anggaran untuk Atasi Covid-19

7. Bina Nusantara

Foto: Kampus Binus (dok Binus)

Universitas Bina Nusantara berada di posisi ketujuh setelah Universitas Padjadjaran. Berawal dari bisnis keluarga 1974 dalam pendidikan komputer modern di Jakarta, Indonesia, BINUS University adalah lembaga swasta dengan lebih dari 30.000 mahasiswa, hubungan industri aktif dengan 5.000 perusahaan dan kemitraan dengan 190 universitas di luar negeri. Universitas menjalankan berbagai program normal dan dua gelar, di tingkat sarjana dan pascasarjana.

Universitas BINUS memiliki 9 kampus di Jabodetabek. Lihatlah binus.ac.id untuk mempelajari lebih lanjut tentang kampus BINUS dan lihat situs web resmi Kementerian Pariwisata Indonesia.

8. Universitas Diponegoro

Foto: Rektorat Undip (dok Undip)

Universitas Diponegoro berada diposisi kedelapan. Universitas Dipenogoro adalah adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Undip didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961. Kata Diponegoro diambil dari nama pahlawan nasional, yaitu Pangeran Diponegoro yang merupakan seorang pangeran pengobar semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian Undip.

Universitas Diponegoro memperoleh akreditasi A (Sangat Baik) dengan skor 361 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang berlaku sejak 2013-2018. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2015, Undip ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Foto: Rektorat ITS (dok ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember berada diposisi kedelapan. ITS awalnya didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang diketuai oleh dr. Angka Nitisastro pada tanggal 10 November 1957.

Dies Natalis ITS pertama adalah 10 November 1960, sementara nama ITS mulai digunakan dalam Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1961 (ditetapkan tanggal 23 Maret 1961). Dalam visi awal, ITS ditujukan untuk mendidik para pemimpin yang unggul di bidang sains dan teknologi, untuk mengangkat Republik Indonesia menjadi negara berperadaban maju dan tinggi.

Kampus ITS Sukolilo menempati areal seluas 180 hektare, dengan luas bangunan seluruhnya kurang lebih 150.000 m2. Selain itu terdapat Kampus Manyar yang dipergunakan oleh Program D-3 dan D-4 Teknik Sipil dengan luas bangunan 5.176 m2 dan Kampus ITS Cokroaminoto yang dipergunakan untuk magister manejemen serta beberapa lembaga kerjasama dengan luas bangunan 4.000 m2.

Penutup

Sekian Info dari kami tentang 9 Universitas Terbaik Indonesia Versi QS World University Ranking 2020. Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Ranking diakses pada Kamis (27/2/2020) pukul 16.30 WIB

TAG
Beri Tanggapan

You must be logged in to post a comment.

Baca juga